Jumat, 09 November 2012

LOMBA DALAM FESTIVAL BUDAYA DAHANI DAHANAI TUNTUNG TULUS 2012

Dalam penyelenggaraan Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus IX Tahun 2012 di Buntok dipertandingkan beberapa perlombaan yaitu Sumpit perorangan (putra/putri), Maneweng Manetek Manyila Kayu beregu (putra), Mangaruhi/Mangacal perorangan (putra/putri), Balogo beregu (putra/putri), Bagasing perorangan (putra/putri), Sepak Sawut beregu (putra), Tari Daerah Pedalaman/Pesisir beregu (grup) dan Pemilihan Putra Putri Pariwisata perorangan (putra/putri).

Dari berbagai kejuaraan tersebut diperoleh para pemenang sebagai berikut:

Sumpit Putra : Juara I  Zainal Arifin, SH (Dusun Selatan), Juara II Tri Januar (Dusun Selatan) dan Juara III Sabirin (Dusun Utara).

Sumpit Putri : Juara I Salome (Dusun Selatan), Juara II Hj. Isnaniah (Dusun Selatan) dan Juara III Levita (Dusun Utara).

Maneweng Manetek Manyila Kayu (putra): Juara I adalah Marmianto cs, Juara II Darmulin cs dan Juara III Triadi cs, semuanya dari Kecamatan Dusun Selatan. 

Adapun Lomba Mangaruhi / Mangacal Lauk perorangan (putra): Juara I Abah Apri,  Juara II Ibun dan Juara III M Noor. Lomba Mangaruhi / Mangacal Lauk perorangan (putri): Juara I Resmita, Juara II Ine dan Juara III Mama Restu.

Pada kejuaraan Balogo beregu (putra): Juara I Marmianto cs, Juara II Darmulin cs dan Juara III Triadi cs, semuanya dari Dusun Selatan. Sementara para pemenang Balogo beregu (putri): Juara I Herni cs (Dusun Selatan), Juara II Fitria cs (Dusun Utara) dan Juara III Sipiani cs (Dusun Selatan).

Juara Bagasing perorangan (putra) Juara I dimenangkan oleh Ardianto (Dusun Utara), Juara II direbut oleh Endy Kristopel (Dusun Selatan) dan Juara II adalah Bapak Yoko (Dusun Selatan).  Sedangkan Juara Bagasing perorangan (putri) adalah Juara I Sipiani (Dusun Selatan), Juara II Titin (Dusun Selatan) dan Juara III Alus (Dusun Selatan). 

Dalam even sepak bola api, Juara Sepak Sawut beregu (putra) adalah Juara I Pelajar Paskibraka Barsel, Juara II Dusun Utara dan Juara III Kamper Putra (Dusun Selatan). 

Akhirnya para pemenang lomba Tari Daerah adalah Juara I direbut oleh Sanggar Tari Iring Witu Buntok, Juara II Sanggar Tari Kayun Bangun desa Mabuan dan Juara III Sanggar Seni Gaung Seruling Sakti desa Pendang (Dusun Utara).

Adapun yang berhasil merebut Kejuaraan Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kabupaten Barito Selatan Tahun 2012 adalah Putra Pariwisata atas nama Herman Bayu Aji dengan nomor 10, nilai 679 dari SMA Negeri I Dusun Selatan. Sementara yang terpilih sebagai Putri Pariwisata adalah Via Delfia Adventy dengan nomor peserta 10, jumlah nilai 747 dari SMA Negeri I Dusun Selatan. 

Dengan perolehan kejuaran ini maka Kabupaten Barito Selatan telah berhasil memperoleh bayangan tim kabupaten yang akan dikirim menuju Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2013 pada 18 sampai 23 Mei 2013 di Palangka Raya.

Selamat kepada para juara dan terima kasih atas perhatiannya.
                     

Tidak ada komentar: