Senin, 12 November 2012

GANG AIR MATA

Kompleks Pemakaman Umum Gang Air Mata terletak di Jalan Teratai, Kelurahan Hilir Sper, Buntok. Pemakaman ini letaknya tidak jauh dari kantor Kelurahan Hilir Sper dan Rumah Sakit Umum Daerah Buntok. Pemakaman Gang Air Mata merupakan komplek pemakaman umum tertua di kota Buntok.

Pada awalnya Gang Air Mata tidak ada perumahan penduduk. Sekarang disekitar pemakaman sudah banyak rumah penduduk dan gang tembus. Malah di Gang Air Mata banyak berdiri rumah sewa dan kompleks perumahan sehingga Gang Air Mata sebagai jalan sendu dengan konotasi menyeramkan sudah tidak ada lagi. Artinya, gang Air Mata tidak lagi ada hantunya. 

Keunikan Gang Air Mata adalah kuburan umum tempat dimakamkannya warga Buntok yang beragama Kristen Katholik, Kristen Protestan dan Islam. Batas makam Islam, Katholik dan Protestan hanyalah gang kecil atau parit sempit. Malah dalam keadaan tertentu batasnya hanyalah kejujuran saja. 

Untuk membedakan mana kuburan Katholik, Protestan dan Islam maka orang mengenalnya dari bentuk bangunan makam, kubah dan nisan masing-masing. Dari fakta ini bisa ditarik kesimpulan bahwa Buntok sudah sejak awal memiliki nilai kekerabatan dan persaudaraan luhur yang tinggi, baik semasa hidup bahkan sampai ke alam kematiannya. 





Tidak ada komentar: