Selasa, 19 Oktober 2010

PEMBUKAAN FESTIVAL BUDAYA DAHANI DAHANAI TUNTUNG TULUS VII TAHUN 2010 DI BUNTOK

FESTIVAL DAHANI DAHANAI RESMI DIMULAI


Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus VII Tahun 2010 Tingkat Kabupaten Barito Selatan, semalam pukul 19.30 WIB (18-10-2010) dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Barito Selatan, Irawansyah, SH., bertempat di Panggung Hiburan Iring Witu Buntok.



Dalam sambutnya Bapak Wakil Bupati meminta maaf atas ketidak-hadiran Bapak Bupati Barito Selatan dalam acara pembukaan ini karena beliau mendadak tugas ke luar daerah. Sebagai gantinya beliau menugaskan wakil bupati  untuk membuka acara ini dan beliau berjanji akan hadir pada malam penutupan nanti.


Acara pembukaan semalam diawali dengan Doa oleh Petugas dari Kementrian Agama Kabupaten Barito Selatan, Laporoan Ketua Panitia Panitia Pelaksana yang dalam hal ini Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Selatan (Drs. Su'aib, M. AP) dan Sambutan Wakil Bupati Barito Selatan sekaligus membuka secara resmi Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus VII Tahun 2010 di Buntok.

Setelah Bapak Wakil Bupati menyatakan resminya acara pembukaan festival maka dilanjutkan dengan pemukulan gendang oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan, Lewi Bungken, SH, dengan disaksikan Bapak Wakil Bupati, Bapak Dandim Buntok, Bapak Kapolres dan Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Selatan.


Rangkaian Festival ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 18 sampai 20 Oktober 2010, dengan pusat kegiatan di Taman Iring Witu Buntok, menggelar kegiatan-kegiatan lomba :
1. Lomba Tari Daerah
2. Sepak Sawut
3. Mangaruhi
4. Maneweng, Manetek, Manyila kayu
5. Balogo
6. Bagasing
7. Manyumpit
8. Besei Kambe
9. Pemilihan Putra Putri Pariwisata

 Dalam rangkaian malam  pembukaan, panggung Iring Witu langsung meriah tatkala perlombaan dimulai dengan Lomba Tari Daerah yang menampilkan 2 (dua) peserta yakni penampilan pertama oleh Sanggar Tari Kayun Bangun dari desa Mabuan Kecamatan Dusun Selatan dengan judul tarian "Ruang Wunrung" dan penampilan kedua oleh Grup Tari  Gema Barito dari Kecamatan Dusun Utara yang menampilkan tarian pantai berjudul "Bakumpai Batuah".


Selanjutnya panggung Iring Witu dimeriahkan Pemilihan Putra Putri Pariwisata dengan menampilkan Gelar Parade Peserta. Seraya panggung Iring Witu meriah dengan lenggak-lenggok putra putri Barito Selatan, di lapangan Sepak Sawut juga dilaksanakan pertandingan sepak sawut yang tendangan pertamanya dilakukan oleh Bapak Wakil Bupati Barito Selatan. 

 

 

Tidak ada komentar: