Minggu, 14 Desember 2014

UMBI BUNGA BANGKAI UNTUK OBAT




2014-03-30 09.37.39EKSPEDISI DESEMBER 2014
Dalam bulan Desember 2014 ini tim Anggrek Barsel Promo menemukan begitu banyak bunga bangkai sedang bermekaran di sekitar Liang Lempang, desa Bipak Kali dan Sire, kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan. Tinggi bunga rata-rata 1 – 2 meter dan sedang mengeluarkan bau menyengat.
.
Tim kami tidak menghiraukan bunga ini karena bukan yang kami cari. Kami sedang mencari anggrek hutan. Namun terus terang kami sangat khawatir keberadaan bunga khas Kalimantan ini karena lahan tempat tumbuhnya semakin terdesak oleh lahan pertambangan (batu bara) dan pengambilan batu alam / batu kapur untuk bahan bangunan.
.
Bunga bangkai raksasa khas Kalteng
Berdasarkan http://id.wikipedia.org/wiki/AmorphophallusAmorphophallus, bunga bangkai adalah nama marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga dan tumbuhan vegetatifnya tumbuh bergantian. Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai. Beranggotakan sekitar 200 spesies, herba berumbi ini menyebar di wilayah tropika dan ugahari. Nama ilmiahnya berasal dari bentuk bunganya yang menyerupai penis rusak (Gr.: amorphos, bentuk yang rusak; phallos, alat kelamin lelaki).
.
180px-Titan-arum2webBanyak jenisnya yang bersifat endemik. Dari sekitar 25 spesies yang tumbuh di Indonesia, 18 di antaranya endemik: delapan spesies menyebar terbatas di Sumatera, lima di Jawa, tiga di Kalimantan, dan satu spesies endemik Sulawesi.
.
Bunga bangkai raksasa Amorphophallus titanum terkenal karena memiliki bunga terbesar, yang ukurannya mencapai tinggi 2,5 meter dan lebar 1,5 m. Bunga Amorphophallus gigas tingginya dapat melebihi bunga A. titanum, namun dengan tangkai bunga yang panjang; ‘kuntum’ bunganya sendiri relatif lebih pendek. Keduanya tumbuhan endemik dari hutan-hutan Sumatera. Dari penglihatan kami sebagai orang awam, bunga bangkai yang kami temukan adalah bunga bangkai raksasa endemik Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Amorphophallus titanum) dan sedang berbunga.
.
OBAT SUSAH BUANG AIR
Umbi dan bagian-bagian lain dari tanaman ini mengeluarkan getah yang gatal. Namun umbi dari beberapa jenisnya dapat dimakan setelah diproses dengan cara tertentu, atau diolah lebih lanjut menjadi tepung bahan kue-kue dan makanan lain. Pernyataan ini tidaklah mengada-ada karena buah atau umbi tanaman ini memang bermanfaat bagi masyarakat pedalaman.
.
2014-03-30 10.36.04Sedikit orang di Kabupaten Barito Selatan telah memakai umbi bunga bangkai sebagai obat susah buang air besar. Caranya dengan mengolahnya menjadi semacam gel mirip vegeta pabrikan. Cairan gel inilah yang diyakini kaya serat sehingga sangat membantu pencernaan manusia. Dengan demikian ubi buah dari bunga bangkai raksasa yang banyak di hutan kabupaten Barito Selatan telah biasa dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional masyarakat di sekitar hutan.
.
By Syamsuddin Rudiannoor, Barsel Promo Buntok, Hp 0813 4960 6504

Tidak ada komentar: