Selasa, 16 Desember 2014

ANEKA OLAHAN KULIT CEMPEDAK OLEH BARSEL PROMO BUNTOK

PENGANTAR
Barsel Promo Buntok mulai menjajakan oleh-oleh khas Kabupaten Barito Selatan (Kalimantan Tengah) sejak 20 Pebruari 2014. Mata dagangan yang kami pasarkan adalah buku-buku lokal dan keripik berbahan dasar hasil hutan yaitu keripik lambiding (kelakai), paku dan keripik putri malu. 
.
KERIPIK KULIT CEMPEDAK TERLARIS
Karena Pebruari sampai Juni 2014 adalah musim buah lokal maka kami pun memproduksi pula keripik dari buah yaitu keripik kulit cempedak atau keripik mandai. Ternyata keripik kulit cempedak (keripik mandai) berhasil menjadi camilan terlaris namun sayang tidak lama. Begitu musim cempedak berakhir maka keripiknya pun menghilang juga. 
.
Atas pengalaman itu maka menghadapi musim buah nanti, yang diperkirakan mulai akhir Desember 2014 sampai Mei 2015, kami merancang pengadaan keripik mandai bisa tersedia sepanjang tahun. Semoga berhasil, amin.
.
ANEKA OLAHAN CEMPEDAK DAN KULITNYA
Tatkala kami ke pasar siang "Jelapat" di Buntok hilir (16/12/2014), sebagian pedagang menjual buah cempedak muda sebagai bahan sayur. Atas pertanda ini kami senang karena menunjukkan sebentar lagi musim cempedak akan tiba. Artinya cempedak akan menambah varian dagangan kami yakni olahan camilan kulit cempedak. Jika musim ini melimpah maka disamping keripik kulit cempedak, kami pun mengusahakan pula sale (salai) buah cempedak.
.
Bagi masyarakat Dayak dan Banjar, mandai (kulit cempedak) adalah lauk makan nasi yang sangat digemari. Olahan yang terkenal digoreng dan disambal goreng. Sedangkan cempedak muda diolah sebagai sayur seperti mengolah nangka muda namun setelah dibakar terlebih dahulu. 

.
Barsel Promo :  Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)  Info Anggrek : Maidi (0852 4951 3880)

Tidak ada komentar: