Senin, 15 Desember 2014

ANGGREK SEBAGAI BAHAN OBAT HERBAL

ANGGREK SEBAGAI BAHAN JAMU
Berdasarkan http://tradisionalsehat.blogspot.com/2012/10 /khasiat-manfaat-anggrek-untuk-kesehatan.html, anggrek mengandung sekitar 50% resin dan gel, bahan-bahan protein dan pati sekitar 30%, dekstrin 0,13, juga mengandung ptozenat, sukrosa, kalsium dan logam gaffes serta minyak atsiri, 48% bahan cairan. Dengan kandungan ini maka anggrek bisa digunakan sebagai obat.
.
CARA MEMBUAT 
Umbi anggrek ditumbuk, diambil sari patinya dengan cara menambahkan air, disaring kemudian ditambahkan dengan susu dan gula kemudian masukkan air lalu panas di atas api sampai mengental dan diminum 2-3 kali sehari. Dalam kasus perdarahan lambung atau maag maka ramuan diminum dari 1 gelas dosis pertama.

Untuk menghentikan pendarahan rahim, ambil satu sendok teh umbi anggrek bubuk, dicampurkan dengan segelas air dingin lalu letakkan di atas api, aduk sampai merata kemudian tambahkan gula, setelah mendidih atau terlihat meletup-letup angkat dari api, dinginkan. Minum secara teratur maka perlahan perdarahan akan berhenti. 
.
Seperti halnya khasiat adas, anggrek juga bisa digunakan sebagai anti diare, terutama pada anak-anak. 
Sari pati anggrek yang diberi gula, susu dan madu berguna membantu pertumbuhan anak-anak, juga berkhasiat menjaga keselamatan gigi dan menguatkan tulang serta meningkatkan kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit menular.
.
Disarikan dari http://tradisionalsehat.blogspot.com/2012/10/khasiat-manfaat-anggrek-untuk-kesehatan.html,

Tidak ada komentar: