Sabtu, 21 Februari 2015

SETAHUN BARSEL PROMO MEMASARKAN OLEH-OLEH KHAS KALTENG, MENUNTUT HUTAN SUAKA!


Barsel Promo asli
HUT 20 FEBRUARI 2014
Kemarin tanggal 20 Februari 2015 merupakan ulang tahun pertama BARSEL PROMO memasarkan produknya yang berupa oleh-oleh khas Kalimantan Tengah. Secara umum oleh-oleh yang diproduksi dan dipasarkan terbagi dua, yaitu:
.
f31c7-dsc00248
1. Makanan ringan khas daerah: Keripik dan Stik Lambiding (Kelakai), Keripik dan Stik Paku, Keripik dan Stik Putri Malu (Sasupan), Keripik Kulit Cempedak (Mandai), Keripik dan Stik Ikan Benangin,Seluang atau Lais, Stik Nanas Parigi, Keripik Jamur Kulat Kurikit dan produk musiman lainnya.
.
2. Buku-buku kedaerahan: Sejarah Kalteng NAN SARUNAI USAK JAWA, Sejarah Kalteng GIGIR GAMPAR BARITO RAYA, Legenda Barito Timur LIANG SARAGI, Semuanya karena Cinta, Wayang Buntok PUNAKAWAN DALAM SATIRE DAYAK BESAR dan SEKS BEBAS, PORNO-AKSI DAN ULAMA BIRAHI.
.
c073a-file0001
Dua bulan sejak dimulai, produk yang dipasarkan bertambah dengan anggrek hibrida dan hasil penangkaran di pusat penangkaran CV NILAM ORCHIDS, Jalan Keladan Buntok. Seiring terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang melanda Kalimantan Tengah selama bulan Agustus – Desember 2014 maka dinamika produksi Barsel Promo pun ikut terdampak. Betapa tidak, bahan dasar oleh-oleh dan anggrek yang kami kelola semuanya adalah hasil alam. Dengan demikian terjadi kekhawatiran yang dalam di hati kami. Atas dasar inilah maka kami pun mengupayakan lahan untuk menjaga suplai bahan baku agar produksi tidak sampai mati tanpa bahan baku.
.
267cf-2014-10-142b10-40-02
MENUNTUT HUTAN SUAKA
Berhubung kebakaran hutan juga mengganggu satwa liar di habitatnya maka kami pun banyak memperoleh satwa, baik yang kami peroleh sendiri maupun dibeli dari masyarakat. Dengan fakta ini maka tempat penangkaran anggrek Nilam Orchids ditambah menjadi panti asuhan satwa piatu. Berdasarkan kenyataan ini maka kami pun menghimbau kepada Pemerintah, baik Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati Barito Selatan berikut jajarannya, agar bisa bersama kami melestarikan flora dan fauna Barito Selatan dalam suatu wadah konservasi. Maksud kami, tolong Pemerintah menerbitkan SK Penetapan Kawasan di Barito Selatan sebagai Hutan Lindung, Cagar Alam, Pusat Perlindungan Satwa atau apa pun namanya, dan kami siap mendukung sepenuhnya.
.
51a29-dsc00337
Singkat kata, kami minta pemerintah membuatkan cagar alam supaya flora dan fauna asli Barito Selatan tidak dibawa keluar daerah dengan alasan apa pun. Hutan kita masih sangat luas dan nganggur. Apakah menerbitkan SK Hutan Suaka atau Cagar Satwa sangat sulit padahal SK Konsesi Tambang atau Perkebunan tampak sangat mudah dan sering menabrak hak rakyat? Kami tidak akan ganggu hutan atau cagar alam, justru kami menjaganya dengan cara membeli tanah disekelilingnya untuk dijadikan daerah penyangga dan kawasan wisata. Semoga pemerintah memperhatikan himbauan ini.
.
54141-20150207_113946

Barsel Promo Buntok
Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)
Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

Tidak ada komentar: