Jumat, 20 Februari 2015

SATWA PELIHARAAN (2) : ULAR VIPER KALTENG

ULAR KHAS
Ulat derik Kalimantan Tengah yang kami miliki merupakan ular asli Kabupaten Barito Selatan. Tempat peroehannya adalah hutan desa Sanggu kecamatan Dusun Selatan dan desa Sire kecamatan Gunung Bintang Awai.
.
Ular ini termasuk ke dalam Family: Viperidae, Genus: Tropidolaemus, Spesies: T. wagleri. Ular ini dikenal juga dengan nama Wagler's pit viper, temple pit viper, speckled pit viper dan bamboo snake.
.
Secara umum viper jenis ini ditemukan di Malaysia barat, Thailand selatan, Sumatra, Bangka, Belitung, Nias, Kepulauan Mentawai (Siberut), Natuna, Karimata, Borneo (Sabah, Sarawak dan Kalimantan), Sulawesi dan Buton. Di Filipina ditemukan di pulau Balabac, Basilan, Bohol, Dinagat, Jolo, Leyte, Luzon, Mindanao, Negros, Palawan, Samar dan Tumindao.
.
Kami himbau Pemerintah bersedia mengadakan dasar hukum berupa Surat Keputusan pembuatan hutan konservasi, kebun raya atau kebun binatang yang memungkinkan kami menghimpun semua satwa asli daerah dan flora koleksi masyarakat kedalam satu wadah. Tidak sulit bagi kami mencari lahan di kampung kami, hutan dan semak masih sangat luas. Masalahnya kami tidak terlindungi ketika tidak punya dasar untuk memelihara satwa dan flora itu. Apakah kami harus membiarkan beruang, bekantan, orang utan dan satwa lainnya setiap hari di bunuh atau dijual keluar daerah karena dianggap hama perusak?
.
Barsel Promo Buntok
Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)
Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

Tidak ada komentar: