Selasa, 03 Agustus 2010

Wisata Susur Sungai Barito


Wisata Susur Sungai Barito


Siapapun yang melakukan wisata susur sungai Barito antara Buntok – Mangkatip – Desa Tampulang / Jenamas maka akan mencatat beberapa keunikan yang sangat potensial bagi kepariwisataan daerah, yaitu :

1.      Disepanjang tepian sungai Barito antara Buntok dan kecamatan Dusun Hilir tercatat 3 lokasi kelompok bekantan, 3 lokasi kelompok monyet dan 2 lokasi burung enggang jambul putih. Lokasi itu antara lain di hilir Bangkuang, hilir Teluk Betung sampai terus ke hutan-hutan disekitar hulu Mangkatip. Temuan ini menandakan bahwa di sepanjang DAS Barito masih banyak satwa liar yang berkeliaran di alam bebas. Fakta ini merupakan tanda bahwa alam Kabupaten Barito Selatan masih ideal sebagai daerah tujuan wisata alam asli dan minat khusus.

2.      Data Survei Perencanaan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Barito Selatan tanggal 18 Desember 2007 mencatat jumlah kerbau rawa di kawasan desa Tampulang sebanyak 3.900 ekor dan catatan Camat Jenamas berjumlah 3.936 ekor. Pada survei tanggal 10 Mei 2008, jumlah itu menjadi 4.600 ekor. Dan terakhir pencacahan Kepala Desa Tampulang, DARMADI, jumlah kerbau rawa yang sebenarnya melebihi 5.000 ekor.

3.        Disepanjang perjalanan sungai antara Kecamatan Jenamas dan Kecamatan Dusun Hilir tercatat 2 lokasi kelompok bekantan, 3 lokasi kelompok monyet dan 2 lokasi burung enggang jambul putih. Lokasi itu adalah hutan di hilir Mangkatip, hutan di dekat habitat air hitam sungai Puning dan hutan di hulu – hilir Damparan. 


Alamat Kontak : 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Selatan
Jalan Pelita Raya 50 Buntok
Telepon 0525-21192     Fax 0525-21249
e-mail : barito.selatan@windowslive.com
web : http://www.dayak-barito-selatan.blogspot.com/
fb : barito.selatan


Tidak ada komentar: