Senin, 02 Agustus 2010

KERBAU RAWA JENAMAS


KERBAU RAWA KECAMATAN JENAMAS


Kerbau Rawa di Desa Tampulang
            Daya tarik wisata Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas adalah keunikan kerbau rawa atau hadangan kalang (bubalus bubalis sp). Kenapa terbilang unik? Karena di belakang desa ini adalah kawasan Pusat Kerbau Rawa Kalimantan terbesar, jumlahnya melebihi 3.900 ekor (survei Desember 2007), bahkan mencapai 5.000 ekor berdasarkan data kepala desa. Dan dari sekitar 5.000 ekor kerbau rawa itu terdapatlah tidak kurang 50 ekor yang berstatus kerbau bule (albino) sehingga kalau keraton di Jawa membutuhkan kerbau keramat pengganti Kiyai Slamet maka orderlah segera ke Tampulang.
Kawasan kerbau rawa ini merupakan hamparan luas vegetasi air berupa padang rumput kumpai yang mencapai 10 Km X 20 Km. Hamparan lahan ini merupakan jazirah yang khas bagi kerbau rawa hidup dan berkembang biak. Kekayaan lain di kawasan ini adalah satwa liar seperti burung sabaru, bangau putih, bangau hitam, burung enggang dan burung pemakan kutu kerbau yang sangat banyak. Kawasan ini telah tertata dengan baik karena dibelah oleh kanal-kanal eks Proyek Lahan Gambut (PLG) Sejuta Hektar sehingga sangat mudah apabila dikembangkan sebagai kawasan wisata minat khusus.
Disamping masih dikelilingi hutan hujan tropis dataran rendah (lowland tropical rainforest) dengan segala kekayaan flora dan fauna khas rawa, daerah ini juga merupakan lumbung ikan yang sangat melimpah. Dengan demikian daerah ini merupakan penyuplai ikan dan daging yang besar bagi provinsi tetangga Kalimantan Selatan.   

Kawasan ini sangat memungkinkan dijadikan tujuan wisata untuk segmen pasar mancanegara dengan cara menggalang kerjasama dengan Provinsi Kalimantan Selatan dan Tour Operator yang menjual Pasar Terapung Banjarmasin. Tinggal sekarang mampukah kita memanfaatkan peluang ini dengan memprogramkan Fam Tour kemudian menetapkan Tampulang menjadi desa suaka dan wisata minat khusus. Apabila berhasil maka otomatis Kecamatan Jenamas akan menjadi Gerbang Utama (Main Gate) wisata alam kabupaten Barito Selatan.    
            Saat ini transportasi reguler Banjarmasin - Jenamas sudah lancar setiap hari dengan sarana speedboat sehingga prospeknya sebagai Paket Wisata Banjarmasin Plus Tampulang sudah terbuka lebar. 



Alamat Kontak:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito  Selatan
Jalan Pelita Raya 50 Buntok
Telepon 0525-21192  Fax  0525-21249
e-mail: barito.selatan@windowslive.com
web: http://www.dayak-barito-selatan.blogspot.com/
fb: barito.selatan

Tidak ada komentar: