Kamis, 08 Januari 2015

SALUANG MUDIK

Dalam minggu ini, tatkala paras air sungai naik meninggi, terjadilah tradisi alami di sungai Barito. Apa itu? Keadaan air yang sedang menayap menciptakan siklus kehidupan ikan yang patut dinikmati dan disyukuri. Inilah yang disebut Saluang Murik atau ikan saluang mudik massal ke hulu sungai. Peristiwa ini mirip dengan tradisi ikan Salmon yang bermigrasi dari laut asin menuju hulu sungai air tawar untuk bertelur dan menetaskan anaknya. Intinya.., inilah tradisi makhluk Tuhan berkembang biak meregenerasi spesies-nya.
.
Kondisi manau saluang tatkala kejadian saluang murik ini membawa berkah tersendiri bagi penduduk tepian sungai Barito. Saat itulah orang-orang kampung mahaup atau mahancau atau menjaring ikan saluang yang menghasilkan jutaan ekor. Saking begitu banyak hasil tangkapan, ikan pun diobral kepada siapa pun yang mau membeli seharga Rp 5 ribu per ember. Alhamdulillah, Buntok sedang pesta saluang murik.
.
Allah Ta'ala memang tuhan yang maha kaya dan maha adil. Ketika air surut maka sungai dan danau melimpahkan hasil dari ikan tertentu. Begitu pun tatkala air melimpah dan banjir maka sungai dan danau pun memeratakan ikan pula dengan caranya sendiri. Hidup di kampung memang enak dan indah, hidup dalam tenang dan damai.  
.
Barsel Promo Buntok
Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms 0813 4960 6504

Tidak ada komentar: