KERIPIK IWAK BENANGIN

IKAN KECIL MELIMPAH
.
Dalam tulisan terdahulu berjudul "SALUANG MUDIK", telah dipaparkan fenomena alam tatkala paras air sungai Barito naik meninggi. Kondisi air yang sedang menayap itu menciptakan siklus kehidupan ikan yang patut dinikmati dan disyukuri. Inilah yang disebut Saluang Murik atau ikan saluang mudik massal ke hulu sungai. Peristiwa ini mirip dengan tradisi ikan Salmon yang bermigrasi dari laut asin menuju hulu sungai air tawar untuk bertelur dan menetaskan anaknya. Intinya.., inilah tradisi makhluk Tuhan berkembang biak meregenerasi spesies-nya.
.
Kondisi manau saluang murik ini membawa berkah tersendiri bagi penduduk tepian sungai Barito. Saat itulah orang-orang kampung mahaup atau mahancau atau menjaring ikan saluang yang menghasilkan jutaan ekor. Saking begitu banyak hasil tangkapan, ikan pun diobral kepada siapa pun yang mau membeli seharga Rp 5 ribu per ember. Alhamdulillah, Buntok sedang pesta saluang murik.
.
IKAN BENANGIN LEBIH BANYAK DARI SALUANG
Tatkala air melimpah dan memeratakan ikan ke mana-mana, ternyata saluang murik kalah banyak dibandingkan ikan kecil lain yang bernama benangin atau banangin atau manangin. Ikan benangin ini ternyata limpahannya jauh lebih banyak dari ikan saluang. Dengan demikian harga ikan menjadi lebih murah dari saluang. Maka kami pun mencoba memanfaatkan peluang ini.
.
KERIPIK IWAK BENANGIN
Dicobalah membuat keripik ikan benangin. Dan alhamdulillah hasilnya sangat baik. Dengan tambahan produk ini maka keripik musiman kami pun bertambah lagi variasinya. Ada keripik jamur pohon karet "Kulat Kurikit" dan kini "Keripik Iwak Benangin".
.
Adapun produk kami yang tidak kenal musim adalah Keripik Paku, Keripik Putri Malu dan Keripik Lambiding. Semoga produk kami ini terus bisa bertahan sepanjang hutan dan alam tempat tumbuhnya bahan keripik kami tidak musnah atau habis.
.
Barsel Promo Buntok
Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms 0813 4960 6504
http://rudiannoor.wordpress.com

Komentar

Postingan Populer