Rabu, 07 Januari 2015

NIKMATNYA SAYUR UMBUT ROTAN DAN ACAR REBUNG DI TANJUNG LEMBENG

Tanjung Lembeng adalah tana atau huma atau perladangan tradisional kami sejak nenek moyang. Hutan pehumaan ini dikelola oleh anak cucu Karoewang bin Rangkau berdasarkan verklaring yang diterbitkan Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1921.
.
Posisi Tanjung Lembeng terletak di tepi sungai Barito di hulu kota Buntok. Letaknya tidak jauh dari hilir kampung Mabuan. Pada huma ini tumbuhlah secara alami tanaman warisan nenek moyang berupa durian, manggis, asam, kebun karet, rotan dan tanam tumbuh lainnya. Sedangkan tumbuhan sayur hutan yang banyak di daerah ini adalah paku.

.

Bulan Januari 2015 air sedang merangkak naik. Perladangan pun terendam banjir. Tatkala karet tidak bisa untuk diturih karena air dalam dan rotan pun tidak pula bisa dipanen maka kegiatan lain yang dilakukan di ladang. Salah satu kegiatan itu adalah mencari ikan dengan memasang rengge (jaring), marawai (memasang pancing), malukah (jebakan ikan) atau maimpung duhian (menunggui durian jatuh). Inilah rutinitas di alas karena berkebun dan berladang sedang terhalang banjir.
.
Salah satu menu yang bisa dimasak di keadaan semacam ini adalah sayur umbut rotan (humbut uwei), juhu rebung, acar rebung dengan ikan baung bakar. Inilah selera rakyat yang sampai sekarang terus terjadi di huma-huma kami. 
.
Karena musim ini juga musim buah asam, lalambai, binjai atau ramunia (gandaria) maka buah berasa asam ini dibuatlah sambal acannya. Sungguh nikmat makan di hutan. 
.
Resep sayur umbut rotan bisa dilihat di internet antara lain http://resepmasakanspesial.com/resep-spesial-sayur-umbut-rotan-lezat.html, http://www.yukmakan.com/recipe/detail/1036978/sayur-umbut-rotan,  dan sebagainya.


Barsel Promo


Barsel Promo Buntok

Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah

Kontak / sms 0813 4960 6504



Tidak ada komentar: