Kamis, 10 April 2014

HUNTING ANGGREK DI KAWASAN GUNUNG BINTANG AWAI (1)



BACK TO NATURE

Hari sabtu dan minggu tanggal 29-30 Maret 2014 diadakan perjalanan pertama berburu anggrek endemik di hutan alam Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Perjalanan dimulai dari Buntok ibukota kabupaten Barito Selatan menuju wilayah kecamatan Gunung Bintang Awai tepatnya Luir melalui jalan perusahaan PT Mitra Tambang Utama (MTU).

Perjalanan off road dengan sepeda motor ini menempuh jarak sekitar 75 km dan memakan waktu perjalanan sekitar satu setengah jam. Waktu tempuh dan jarak memang tidak terlalu jauh namun perjalanan yang dilalui memang cukup menantang sehingga perlu nyali, kewaspadaan dan semangat. Betapa tidak, jalan yang diradat adalan jalan setapak yang jarang dilalui, kontur tanah yang bertebing dan perbukitan serta sangat licin apabila ditimpa oleh hujan walau pun sebentar.


USAHA ANGGREK SPESIES BARITO SELATAN
Barsel Promo yang dalam hal ini sekretarisnya Maidi Al Harits dan tim, mengidentifikasi berbagai anggrek alam yang masih cukup banyak di alam liar sehingga perlu perhatian pemerintah dan para pecinta anggrek lainnya sehingga keberadaannya dapat dipertahankan.

Pada sisi lain Nilam Orchid yang sedang memproses Izin Penangkaran dan Pemasaran Anggrek endemik daerah di Kantor PHKA Kalimantan Tengah di Palangka Raya  merasa perlu menghimbau Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten, agar kawasan asli yang masih ada di dua wilayah gunung yakni Gunung Bawo dan Gunung Bintang Awai di Kecamatan Gunung Bintang Awai, kabupaten Barito Selatan, dapat dicadangkan sebagai habitat alamiah anggrek alam tanah tinggi di Kalimantan Tengah. Dengan begitu daerah ini nantinya bisa menjadi lokasi wisata alam minat khusus.


Di kawasan Gunung Bawo ini terdapat villa milik mantan Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati Barito Selatan Drs. Asmawi Agani namun sayang fasilitas ini tidak terawat dan sama sekali tidak terpakai.

Bagi yang ingin menggali informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami Barsel Promo 0813 4960 6504 atau Maidi di nomor 0852 4951 3880.

Tidak ada komentar: