ORANG UTAN DAN BEKANTAN LINTAS KALSELTENG

FAKTA DAN UNTUK APA FAKTA
Fakta bahwa orang utan dijumpai juga di Kalimantan Selatan, (tidak di Kalteng saja), tepatnya dijumpai di kabupaten Hulu Sungai Utara, itu memang benar. Wilayah ini perbatasan langsung dengan kabupaten Barito Selatan. Dengan demikian, tidak berguna fakta jikalau tidak ditindak-lanjuti dengan penyelamatannya. 
.
Fakta bahwa bekantan juga banyak dijumpai di Kalimantan Tengah, (tidak di Kalsel saja), juga tidak mengherankan. Di Taman Nasional Tanjung Puting (kabupaten Kotawaringin Barat) ada pusat penelitian bekantan di camp Leakey. Tapi bahwa bekantan adalah hama yang selalu diburu dan dibunuh, juga fakta. Perburuan bekantan terjadi karena satwa langka ini dianggap hama yang merusak pertanian seperti ladang jagung, kebun timun, waluh, kacang dan tanaman lainnya. Pada sisi lain daging bekantan juga dimakan sebagai hidangan yang langka lagi sangat lezat rasanya. Singkat kata, untuk apa fakta ini ada kalau upaya untuk penyelamatannya tidak ada?
.

Hasil gambar untuk orangutanORANG UTAN DAN BEKANTAN LINTAS KALSELTENG 
Sampai saat ini bekantan masih dijumpai disekitar ladang masyarakat di kecamatan Karau Kuala (Bangkuang) dan kecamatan Jenamas (Rantau Kujang). Kedua kecamatan ini berbatasan langsung dengan kabupaten Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan). Di hutan pada daerah ini juga orang utan masih tersisa walau pun kondisinya sudah sangat buruk mengingat habitatnya sudah terkurung pertambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit dan perladangan masyarakat.
.
Disamping orang utan dan bekantan, di perbatasan Kalselteng  ini (wilayah Jenamas-Pamingggir) juga terdapat peternakan kerbau rawa yang cukup besar. Dengan demikian perlu usaha besar untuk menyelamatkan habitat satwa-satwa khas di daerah ini.
.



Barsel Promo Buntok
Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)
Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

Komentar

Postingan Populer