Jumat, 26 April 2013

Seluruh Pemprov di Kalimantan Gelar Festival Budaya Dayak



PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat akan mengadakan Festival Budaya Dayak.  Kegiatan itu dipusatkan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada 27-30 April 2013.

Berdasarkan informasi Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalteng yang diterima Rabu (3/4/2013), festival yang digelar untuk pertama kalinya itu diagendakan berlangsung tahunan. Pada tahun-tahun mendatang, festival direncanakan digelar bergiliran di provinsi-provinsi di Kalimantan.

Acara dilaksanakan Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Dewan Adat Dayak (DAD) dan semua pemprov serta pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan. Festival kali ini akan dimeriahkan karnaval sepanjang 2,5 kilometer di jalan-jalan raya di Jakarta pada 28 April 2013.

Selain itu, dilaksanakan pergelaran kesenian dan kebudayaan yang diramaikan peragaan busana dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan. Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengatakan, festival itu merupakan kegiatan tingkat nasional yang digelar masyarakat Dayak untuk pertama kalinya.

Teras sudah mengirimkan surat kepada para bupati/wali kota di Kalteng yang memberikan respons positif untuk menyatakan keikutsertaan dalam festival. Kegiatan itu merupakan kerjasama penyelenggara acara dari empat provinsi, didukung bantuan pihak ketiga.

"Soal biaya, tidak menjadi masalah. Sudah bisa diatasi. Saya berharap Festival Budaya Dayak tahun 2014 akan diadakan di Kalteng," tuturnya.
 
Editor :
Rusdi Amral

Tidak ada komentar: