STIK PAKU PERTAMA DI DUNIA DI BUAT DI BUNTOK?



Sebagai perajin camilan berbahan dasar lokal, kami para Barsel bergairah yang ada di Barito Raya Pro dan Barsel Promo Buntok, mencoba mencari, mengolah dan memasarkan makanan khas yang sudah dikenal pemanfaatannya namun stagnan penganeka-ragamannya. 

Tumbuhan paku atau paku-pakuan adalah kelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (tracheophyta) merupakan produk alamiah hutan Kalimantan. Di Kalimantan Tengah dan Selatan tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai sayuran. Dengan demikian paku yang eksistensinya telah dikenal merajai hutan-hutan dunia sejak zaman Karbon ini memang dikonsumsi sampai sekarang oleh orang-orang Kalimantan. Pasar-pasar di Kalimantan Tengah dan Selatan sangat akrab menjual sayuran paku setiap harinya. Sampai sekarang pun sayur paku tersedia melimpah dan hampir merata keberadaannya di pulau Kalimantan yang masih berselimutkan hutan.


Dalam memulai penganeka-ragaman olahan paku ini, disamping terus memanfaatkan paku sebagai sayuran, diadakanlah uji coba pembuatan produk kreatif. Hasilnya jadilah apa yang kami perkenalkan sebagai keripik paku dan stik paku. Dan menurut pengetahuan kami, produk kami ini aman dan sehat untuk dikonsumsi, baru pertama kalinya dibuat di Indonesia bahkan pertama di dunia, dan berupaya kami mendorongnya sebagai produk unggulan daerah.



Semoga dengan keluarnya produk ini akan memberikan khazanah baru bagi perkembangan perekonomian rakyat di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah pada umumnya, terlebih lagi bagi Kabupaten Barito Selatan. Artinya..., paku bukan hanya bisa dimanfaatkan sebatas sayuran belaka tetapi juga bagus untuk olahan makanan kreasi baru lainnya. 

Untuk kemudahan kontak dengan kami hubungi via SMS atau panggilan ke 081 349 606 504. 

Komentar

Postingan Populer