Jumat, 21 Februari 2014

PERTAMA DI DUNIA: KERIPIK MANDAI




Keinginan memanfaatkan sumber daya lokal secara maksimal tidaklah terbatas pada keripik paku dan stik paku saja. Usaha kami untuk mendaya-gunakan bahan lokal lain seperti kulit cempedak alias mandai juga telah membuahkan hasil.


Saat ini Barito Raya Pro Buntok telah menyediakan juga olahan camilan kulit cempedak yang kami perkenalkan dengan nama Keripik Mandai. Namun sayang ketersediaan keripik mandai sangat terbatas dan harganya relatif mahal.


Ada dua kendala dengan olahan yang satu ini. Pertama, kulit cempedak hanya bisa didapatkan di musim buah. Musim cempedak adanya sekitar tiga bulan dalam satu tahun yakni antara November - Februari. Dengan demikian ketersediaanya bersifat termporer. Kedua, mahalnya harga kulit cempedak di pasar. Terkejut kita menyadari harga satu kilogram mandai di Pasar Buntok Rp. 20.000 per kilogram.  

Meskipun kendala ini menjadi rintangan didalam usaha memasyarakatkan keripik mandai  namun keripik mandai adalah makanan ringan yang sudah ada di gerai  kami. Hanya saja ketersediaannya mungkin tidak lama seiring dengan segera berakhirnya musin buah. Tapi yang pasti, keripik mandai sudah eksis. Kemungkinan besar produk ini merupakan keripik pertama di dunia: Keripik kulit cempedak?

Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)

Tidak ada komentar: