Senin, 11 Februari 2013

CHRISTIAN SIMBAR PANGLIMA TERTINGGI GERAKAN MANDAU TALAWANG PANCA SILA (GMTPS) - 1



Nama Pejuang Pergerakan Bersenjata pembentukan provinsi Kalimantan Tengah ini adalah Christian Simbar. Selain nama tersebut beliau juga dikenal masyarakat sebagai Mandolin. Disamping itu beliau juga bergelar Uria Mapas atau Uria Puneh. Ada juga nama yang lain yaitu Matuen Pehe atau Suyatim.

Mandolin alias Christian lahir di kampung Madara pada tanggal 5 Juni 1927. Beliau putra dari Bapak Simbar dengan ibu Munan Pukau. Christian memiliki 7 (tujuh) orang saudara kandung yaitu Ngaman Simbar (P), Bobo Simbar (L), Batin Simbar (L), Sarimea Simbar (P), Oueng Simbar (L), Karlimin Simbar (P) dan Radine Simbar (P).

Dalam kehidupannya Christian Simbar memiliki beberapa orang istri yaitu Lugi, Rosine Tate, Mura, Ratnawati Hartini, Nursiah dan Nursiam.

Perjalanan pendidikan formal Christian Simbar dilaluinya di Sekolah Rakyat (SR) tahun 1934 – 1940 di kampung Kalahien. Selama di Kalahien Christian kecil tinggal di rumah saudara kandung perempuan tertuanya yaitu Ngaman Simbar.

Selesai sekolah di Kalahien Christian melanjutkan MILO / SMP Negeri 1 di Kuala Kapuas tahun 1940 – 1943. Selama sekolah di Kuala Kapuas Christian tinggal di Asrama Pelajar Kuala Kapuas.

Tamat dari MILO Kuala Kapuas selanjutnya Christian melanjutkan pendidikan di SMA Kristen, Jalan Kalimantan Banjarmasin.  Selama sekolah di Banjarmasin Christian tinggal di Jalan Teluk Dalam nomor 324 Banjarmasin.

Disamping mengambil pendidikan formal, Christian juga ada mengambil jenjang pendidikan non formal yaitu Kursus Mengetik di Lembaga “Semangat” Banjarmasin tahun 1947.

Tidak ada komentar: