Jumat, 26 November 2010

JEMBATAN KALAHIEN SUDAH DIRESMIKAN GUBERNUR KALTENG

Repro : BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA

Setelah lama diidam-idamkan, Jembatan Kalahien akhirnya rampung. Jembatan sepanjang 620 meter yang membentang di atas Sungai Barito itu diresmikan pagi Kamis (25/11/2010) oleh Gubernur Agustin Teras Narang.

Jembatan Kalahien merupakan jembatan terakhir yang dirampungkan di ruas Palangkaraya-Buntok. Dengan selesainya jembatan ini, maka jalan darat yang menghubungkan Kota Palangkaraya dengan empat kabupaten di kawasan Barito, kini benar-benar tersambung.

Selama ini masyarakat Kota Palangkaraya yang hendak bepergian ke kawasan Barito, atau sebaliknya, harus menempuh perjalanan sekitar 13 jam karena jalan darat belum tersambung sehingga masyarakat harus memutar melalui Provinsi Kalsel.

Namun setelah jalan darat tersambung, masyarakat hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar empat jam. Lancarnya jalan darat ini diperkirakan akan berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan itu.

Pasalnya, arus barang dan jasa makin lancar sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh melalui Kalsel jika ingin melakukan aktivitas atau transaksi bisnisnya. Jembatan Kalahien dibangun sejak 1998 lalu dengan total dana mencapai Rp 90 miliar.

Selain keterbatasan dana yang akhirnya membuat pembangunannya dilakukan secara bertahap, penyelesaian jembatan tersebut juga sempat terkendala banjir yang sempat merendam kawasan itu.

(noorjani aseran)

Tidak ada komentar: