Jumat, 24 Oktober 2014

PENANGKARAN ANGGREK BARITO SELATAN

Kejadian kebakaran hutan, lahan dan semak belukar yang mengamuk selama bulan September - Oktober 2014 telah menyibukkan kami mencari anggrek alam yang masih ada. Selama dua bulan ini kami nyaris dua hari sekali masuk hutan untuk mencari tinggalan bibit anggrek di sekitar lahan kebakaran.

Dari kerja lembur masuk hutan itu maka jumlah bibit yang harus ditanam ke dalam pot pun menjadi meningkat sehingga diperlukan lagi kerja lembur setiap harinya. 


Bagi yang tertarik menyaksikan penangkaran anggrek kami, memiliki keinginan menyelamatkan anggrek atau sekedar membeli maka bisa datang ke CV. Nilam Orchid, Jalan Keladan Nomor 47 Buntok, nomor kontak / sms 0852 4951 3880, berhubungan dengan Maidi


Pekerjaan kami ini dilengkapi izin penangkaran dan pemasaran anggrek dari instansi yang berwenang di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 




Jumat, 17 Oktober 2014

NILAM ORCHID IN ACTION


67599-dsc00336
Kegiatan terbaru Nilam Orchid Buntok adalah berpacu dengan waktu. Tampaknya waktu yang tengah berpacu larinya terlalu cepat merubah keadaan sehingga usaha yang dilakukan seakan kalah tangkas di batas perputaran waktu.

2014-10-12 10.51.24-1 (1)
Lho.. maksudnya apa? Coba bayangkan, selama September – Oktober 2014 telah terjadi banyak sekali kebakaran lahan dan hutan. Kebanyakan rentetan kasus itu menghancurkan habitat tanaman dan satwa. Sudah banyak kawasan tumbuhnya anggrek alam dan kantong Semar (nepenthes) dilalap api. Berapa banyak satwa mati hangus, anggrek serta kantong Semar mati terbakar api kemarau? Terlambat sedikit saja lagi maka anggrek yang seharusnya hidup damai di tempat aslinya harus mati apabila tidak cepat terselamatkan.

bfa97-dsc00390
Diimbangi antara tuntutan kehidupan, tanggung-jawab sebagai pecinta dan harapan untuk menyelamatkan anggrek yang harus dilarikan dari tanah asalnya, kami pun berburu anggrek di sekitar kebakaran semak dan hutan. Hasilnya cukup ada anggrek yang dibawa pergi, namun kantong Semar terpaksa diabaikan karena jumlahnya masih dianggap belum kritis.

DSC00395
Sekian karung anggrek berhasil dibawa pergi. Hasil aksi yang terbaru antara tanggal 10, 12, 14, 16 Oktober 2014 belum semuanya bisa ditanam. Dengan demikian musim kabut asap tahun 2014 ini cukup membuat kami sibuk mengurusi anggrek-anggrek yang secepatnya mesti diselamatkan.

2014-10-14 10.39.59
Bagi yang tertarik dan memiliki keinginan menyelamatkan anggrek bisa mendatangi tempat penangkaran Nilam Orchid, Jalan Keladan Nomor 47 Buntok, berhubungan dengan Maidi, kontak / sms 0852 4951 3880.

Selasa, 14 Oktober 2014

BENCANA KEBAKARAN LAHAN MEMBUAT KAMI MENDERITA

Selama bulan September hingga Oktober 2014 kebakaran lahan, belukar dan hutan terjadi di Kalimantan Tengah. Hampir seluruh kabupaten di provinsi terluas di Indonesia ini ambil bagian dalam memproduksi asap hitam ke langit yang biru, tidak terkecuali kabupaten Barito Selatan. Akibatnya, bencana lingkungan ini telah melumat banyak lahan dan menyesakkan ratusan ribu dada manusia yang hidup dalam radius kepungan asapnya. 

Yang menjadi pokok kesedihan kami disamping kehancuran alam dengan segala flora dan fauna di dalamnya, kami pun berduka karena lahan tumbuhan liar sebagai sumber usaha kami berupa lambiding (kelakai), paku (bajei), putri malu (sasupan), nepenthes (kantong Semar) dan anggrek juga ikut rusak dilalap lidah-lidah api. 

Intinya.., kebakaran lahan ini telah mempersempit mata pencaharian kami. Lama kelamaan produksi oleh-oleh yang kami buat berupa camilan khas dengan bahan dasar dari tumbuhan alam kabupaten Barito Selatan menjadi terganggu. Terbayang sudah bahwa harga lambiding, paku, sasupan akan mahal di pasar sehingga kami pun harus pula menaikkan harga jual keripik / stik lambiding, kelakai dan sasupan. 


Kantong Semar dan anggrek alam yang selama ini mudah terlihat di pinggiran jalan Buntok - Palangka Raya tentu saja ikut hilang akibat kebakaran yang terjadi. Lalu bagaimana nasib kami sebagai pecinta, penangkar dan pengusaha anggrek khas di daerah ini?


Atas kenyataan ini maka kami pun mulai berfikir guna mencari lahan agar suplai bahan dasar usaha kami tetap aman dan langgeng. Untuk itu kami mohon kepada fihak-fihak terkait agar bisa membantu kami "Barsel Promo" mendapatkan lahan berupa hutan lambiding, paku, sasupan dan anggrek di daerah ini.




Minggu, 12 Oktober 2014

ANGGREK BARITO SELATAN TERANCAM KEBAKARAN


Kami kelompok usaha bersama BARSEL PROMO Buntok sangat berduka cita atas terjadinya musibah rutin tahunan kebakaran hutan, semak dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Sungguh sangat menyedihkan bahwa kebakaran itu terjadi sejak bulan Agustus, September bahkan semakin parah memasuki Oktober 2014. Konon Buntok yang biasanya relatif lebih bersih dari asap dan pembakaran lahan, justru tahun ini termasuk yang terparah kejadiannya. Buktinya sekolah yang sebelumnya tidak pernah libur malah diliburkan akibat musibah lingkungan ini. Otomatis kualitas kesehatan masyarakat menurun tajam dan penyakit ISPA menjadi-jadi penyebarannya. 

Atas keprihatinan ini maka kami Barsel Promo mencoba berjalan-jalan memperhatikan dampak lingkungan akibat kebakaran yang terjadi. Kami pun mengabaikan kabut asap yang menyesakkan dada dan memutuskan untuk menelusuri ruas jalan Buntok - Palangka Raya. Dan tampaklah di kiri-kanan jalan adanya bekas-bekas hutan dan lahan yang telah dilalap api.

Sangat sedih hati menyaksikan akibat bencana ini sebab di sepanjang jalan Buntok - Palangka Raya pada dasarnya adalah hutan dan semak yang kaya akan tumbuhan anggrek alam dan kantong Semar (nephenthes). Belum lagi kawasan ini merupakan habitat alami satwa liar seperti kera, orang utan, biawak, trenggiling, aneka jenis ular dan burung-burung endemik Kalimantan.

Kami pun masuk ke hutan dan semak yang masih selamat dari kebakaran meski pun bagian depannya sudah hangus dimakan api. Apa yang didapati? Alhamdulillah masih ada beraneka kantong Semar dan anggrek yang tetap hidup walau pun keadaannya agak layu akibat panasnya udara dari kebakaran yang telah terjadi.

Kami berharap agar pemerintah daerah mau menyisakan hutan alam yang ada di sepanjang jalan Buntok - Palangka guna dijadikan hutan lindung atau arboretum karena di daerah ini memang habitat asli tanaman langka asli Kalimantan. Mudah-mudahan himbauan ini di dengar oleh yang berkuasa atas hutan, alam dan lingkungan hidup kami.




Kamis, 09 Oktober 2014

PEMASARAN BUKU-BUKU LOKAL

Barsel Promo Buntok memasarkan buku-buku lokal sebagai berikut: 
1) Sejarah Kalimantan Tengah I berjudul NAN SARUNAI USAK JAWA (Negara Dayak Dihancurkan Bangsa Jawa, ).
2) Sejarah Kalimantan Tengah II berjudul GIGIR GAMPAR BARITO RAYA, Amuk 1860-1905.
3). Wayang Kalteng berjudul PUNAKAWAN DALAM SATIRE DAYAK BESAR. 
4). Legenda Kabupaten Barito Timur berjudul LIANG SARAGI, Semuanya karena Cinta.

. http://1.bp.blogspot.com/-c0BZpX5iA14/U2m0Qd1xNdI/AAAAAAAABdA/3VUEIODZ0kw/s1600/FILE0001.JPG

Pengalaman Menulis Syamsuddin Rudiannoor : 1). Juara I Sayembara Mengarang Prosa Hari Pahlawan ke – 36 Tahun 1981 Tingkat Kabupaten Kapuas.  2). Juara II Sayembara Mengarang Hardiknas Tingkat Propinsi Kalimantan Tengah Tahun 1982. (Kanwil Depdikbud).  3). Penerima Sertifikat Lomba  Karya  Tulis  Ilmiah Keagamaan Tingkat Nasional untuk Mahasiswa dari IMM-UGM Yogyakarta Tahun 1987.  4). Pendidikan  Pers dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Populer di Sema Fisip  Universitas Sunan Giri Surabaya tahun 1987.   5).  Penerima Penghargaan  Sayembara Karya Tulis Ilmiah Populer Nasional dari Majalah Amanah Jakarta Tahun 1988.  6). Koresponden / Perwakilan Kalteng Tabloid Pariwisata PESONA INDONESIA  Jakarta Tahun 1990-1992. 7). Koresponden / Perwakilan Kalteng Tabloid Pariwisata  WARTA PESONA  Bandung  Tahun 1991-1993.  8). Penulis tetap Bulanan Pariwisata  GRAHA WISATA Jakarta tahun 1991-1993. 9). Penulis  cerpen  temporer untuk harian ibukota (Sentana,  Pos  Kota, Terbit) tahun 1983-1990.   10. Penulis Kolom  dan  Opini  untuk  Koran  Kalselteng hingga sekarang.
 
Kontak Penulis dan Pemasaran : Jalan Panglima Batur Nomor 7 / Karang Paci Ujung, samping Kejaksaan Negeri Buntok di Buntok, Hp 081 349 606 504

Senin, 06 Oktober 2014

PRODUK BARSEL PROMO HIASI BEBERAPA STAN PAMERAN

Dalam rentang waktu 7 (tujuh) bulan sejak dipasarkan mulai 20 Februari 2014, produk oleh-oleh Barsel Promo sudah diikutkan dalam ajang pameran di daerah ini yakni Kalteng Expo di Palangka Raya tanggal 18-23 Mei 2014 dan Barsel Expo di Buntok tanggal 14-22 September 2014.


Pada Kalteng lalu produk Barsel Promo mengisi stan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Barito Selatan. Sedangkan dalam ajang Barsel Expo diikutkan dalam stan yang sama dan PKK / Dharma Wanita Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan.


Dalam waktu dekat pada ajang Pameran Produk Pertanian di Kuala Kapuas kembali Barsel Promo dipercaya memajang produknya di stan BKPPP Kabupaten Barito Selatan.


Dalam skala kecil, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Selatan juga memajang beberapa sampel produk makanan ringan Barsel Promo di ruang pamer Sekretariat PKK Kabupaten Barito Selatan di Jalan Pelita Raya Buntok.


Kamis, 02 Oktober 2014

KABUT ASAP JUGA LANDA BUNTOK

Hari ini Kamis tanggal 2 Oktober 2014 kabut asap agak tebal menyelimuti Buntok. Kalau dalam sebulan terakhir baru Palangka Raya dan Sampit yang dilanda asap pekat maka hari ini tampaknya Buntok tidak mau kalah. Rasanya kondisi udara Buntok hari ini adalah yang terparah akibat kabut asapnya dalam rentang waktu sebulan. 

Disekitar Buntok memang terdapat banyak tanah kosong hutan semak belukar. Kemungkinan besar lahan-lahan inilah yang terbakar akibat cuaca panas kemarau atau memang sengaja dibakar untuk membuka perladangan baru.

Semoga keadaan ini tidak semakin bertambah parah sehingga penyakit jemuh dan hengai tidak sampai menyiksa, amin.