Jumat, 12 September 2014

BARSEL PROMO UJI KEMASAN MINI


Mulai hari Jum'at tanggal 12 September 2014, Barsel Promo Buntok menguji pemakaian kemasan kecil "Gusset Trans" sebagai paket murah. Produk oleh-oleh yang dikemas untuk harga jual Rp. 5.000,- per bungkus  adalah stik sayuran dan stik lambiding (kelakai). Sementara untuk keripik lambiding, paku dan sasupan danum (putri malu) dijual dengan harga Rp. 8.000,- per bungkus.

Selama ini semua produk Barsel Promo dijual dalam kemasan "Standing up puch" dengan harga Rp. 10.000,- untuk semua jenis stik dan Rp. 15.000,- untuk semua jenis keripik. 

Dengan adanya variasi kemasan ini semoga membantu pemasaran kami dan masyarakat pun bisa mendapatkan oleh-oleh dari kami dengan harga yang separuh lebih murah.  

Pesan kami, sekiranya barang yang kami perdagangkan memuaskan anda maka kabarkan kepada teman dan handai tolan anda. Namun jika terdapat kekurangan atau kerusakan maka kabarkanlah itu kepada kami sehingga kami bisa mengantinya dan memperbaiki dikemudian hari. 

Kontaklah kami di alamat tersebut, baik melalui SMS maupun panggilan telepon. Terima kasih.


Kamis, 11 September 2014

KERIPIK DAN STIK PUTRI MALU



Foto ini adalah putri malu perdu (Mimosa pudica) yang memiliki batang pohon. Perdu pendek ini mudah dikenali karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup "layu" saat disentuh. Tumbuhan ini sangat banyak di Kalimantan, Jawa dan daerah lainnya. 

Walaupun sejumlah anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama, putri malu bereaksi lebih cepat. Kelayuan ini bersifat sementara karena setelah beberapa menit keadaannya akan pulih seperti semula. [Dari http://id.wikipedia.org/wiki/Putri_malu]

Putri lain yang tumbuh di Kalimantan dan juga Jawa adalah putri malu semak atau rumput. Putri malu rumput ini banyak ditemui di tepi jalan raya di trans Kalimantan poros Palangka Raya - Buntok persis tidak jauh dari jembatan Timpah sampai wilayah Madara. 
.

KERIPIK SASUPAN DANUM
Dalam bahasan daerah di Kalimantan secara umum putri malu disebut sasupan yang arti juga sama yakni pemalu. Dengan demikian tumbuhan perdu jenis ini memang memiliki kemiripan penyebutan namanya yang relatif sama sehingga mudah dikenali dimana-mana.

Namun ada keistimewaan dalam khazanah putri malu di Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah terutama di Kabupaten Barito Selatan yakni adanya putri malu yang memiliki ciri daun, bunga dan sifat pemalu yang sama dengan perdu mimosa pudica namun tumbuhnya di air dan hidup merayap seperti kangkung. Tumbuhan inilah yang dikenal dengan Sasupan danum atau sasupan banyu atau putri malu air. 
Sejak lama tumbuhan ini dijadikan sayur dan dimasak dengan nama masakan "Gangan Karuh"  (Bahasan Banjar)  atau "Juhu Keruh"  (Dayak Bakumpai/Ngaju Kapuas). 

Sasupan danum inilah yang dijadikan Keripik oleh juru masak Barito Raya Pro Buntok. Bahan dasar putri malu diperoleh dari danau Keladan di dalam kota Buntok. Pada musim hujan ini pertumbuhannya sangatlah subur sehingga bahan baku keripik menjadi lebih melimpah di pasar Terowongan Buntok.
.

BARSEL PROMO BUNTOK


“Barsel Promo” adalah Kelompok Usaha dan Pemasaran Bersama yang dicetuskan oleh Syamsuddin Rudiannoor bin Abdul Gani bersama Rismato bin Sarbit pada momen Barsel Expo 2012 di Buntok. Kemudian pada Sabtu malam tanggal 30 Maret 2013 kelompok ini resmi didirikan melalui rapat yang dihadiri 7 (tujuh) orang. Keberadaan kelompok diperkuat dengan Surat Keputusan yang ditanda-tangani oleh pencetus dan pendiri.
.
Mulai tanggal 20 Februari 2014 “Barsel Promo” secara resmi membuka usaha pembuatan oleh-oleh khas Barito Selatan / Kalimantan Tengah berupa produk makanan ringan jenis camilan dan penerbitan buku-buku kedaerahan. Kedua jenis usaha ini untuk saat sekarang merupakan karya Syamsuddin Rudiannoor dengan label Barito Raya Pro.   
.
Tempat usaha dan sekretariat dijalankan di ruang usaha milik Syamsuddin Rudiannoor di Jalan Panglima Batur Nomor 7 / Karang Paci Ujung (samping Kejaksaan Negeri) Buntok. Dengan demikian di alamat ini ada dua kegiatan yaitu usaha kelompok bernama “Barsel Promo” dan usaha pribadi Syamsuddin Rudiannoor bernama “Barito Raya Pro”.
.
Daftar oleh-oleh khas Barito Selatan dan Kalimantan Tengah yang ada di gerai Barsel Promo Buntok adalah:
Daftar Produk Barito Raya Pro

                                               
I
Makanan Ringan

No
Jenis Camilan / Nama
Bahan Dasar
Kemasan / Harga per bungkus
1
Keripik Lambiding
Lambiding jauk / kelakai Jutuh
alumunium foil / Rp. 15.000,-
2
Stik Lambiding
Lambiding jauk / kelakai Jutuh
alumunium foil / Rp. 10.000,-
3
Keripik Paku
Pakis/paku Tanjung Lembeng
alumunium foil / Rp. 15.000,-
4
Stik Paku
Pakis/paku Tanjung Lembeng
alumunium foil / Rp. 10.000,-
5
Keripik Putri Malu Air (Sasupan Danum)
Sasupan danum danau Kaladan
alumunium foil / Rp. 15.000,-
6
Stik Ikan Benangin
Ikan Benangin
alumunium foil / Rp. 10.000,-
7
Stik Lancar Kujang
Sulur / akar keladi
alumunium foil / Rp. 10.000,-
8
Stik Putri Malu Air
Sasupan Danum Kaladan
plastik trans  /    Rp. 10.000,-
9
Stik Sayuran
Lambiding, Paku, Kacang panjang, Sawi, Lombok,
alumunium foil / Rp. 10.000,-
10
Stik Nanas
Nanas Parigi
alumunium foil / Rp. 10.000,-
II
Buku Lokal

No
Jenis Buku / Judul
Topik Bahasan
Kualitas  / Harga per buku
1
Sejarah “Nan Sarunai Usak Jawa”
Runtuhnya negara Nan Sarunai oleh agresi Majapahit
Cetak offset / HVS / 89 halaman / Rp. 30.000,-
2
Sejarah “Gigir Gampar Barito Raya”
Perang Barito dan heroisme para pahlawan lokal
Cetak offset / bookpaper / 171 halaman / Rp. 60.000,-
3
Liang Saragi, Semuanya karena Cinta
Legenda Liang Saragi / Barito Timur
Cetak offset / HVS / 252 halaman / Rp. 70.000,-
4
Wayang “Punakawan dalam Satire Dayak Besar”
Wayang khas Buntok tentang dinamika ipoleksosbud di Kalteng
Offset / bookpaper / 366 halaman / Rp. 120.000,-

Bagi yang ada keperluan bisa menghubungi tempat usaha dan sekretariat kami di Jalan Panglima Batur Nomor 7 / Karang Paci Ujung (samping Kejaksaan Negeri) Buntok, dengan Syamsuddin Rudiannoor, kontak / sms 0813 4960 6504.

Selasa, 09 September 2014

DINKES BARSEL PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA

Pada hari ini Selasa tanggal 9 September 2014 dilaksanakan pertemuan dan pembinaan untuk pemilik Industri Rumah Tangga dan Pangan (IRTP) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan. Kegiatan dilaksanakan di aula Hotel Afiat Jaya, Jalan Pelita Raya Buntok, diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari 11 orang pria dan selebihnya peserta wanita. 


Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Drg. Daryomo Sukiastomo, dilanjutkan paparan oleh para pemateri yang terdiri dari Herry S (Legalisasi IRT, Sertifikasi IRT), Huzaimah SKM (PP tentang Kemananan Pangan, PP BTP dan Hygine / Sanitasi) dan Mukhlis Azami (Pengembangan UKM / IKM).


Para peserta penyuluhan terdiri dari perajin makanan ringan, oleh-oleh khas daerah, kerupuk ikan, kue / roti, pembuat makanan dan minuman, pembuat dan pedagang pentol serta pemilik usaha industri rumah tangga terkait makanan dan minuman lainnya. 


Dengan penyuluhan ini diharapkan para pembuat makanan dan minuman yang berada di kabupaten Barito Selatan bisa meningkatkan mutu dan kuantitas produksinya, bahkan bila mungkin menembus pasar di luar daerah.


Semoga dengan keikut-sertaan dalam penyuluhan ini maka Barsel Promo dan Barito Raya Pro bisa lebih memacu kegiatan usahanya ke arah yang lebih dan maju, amin.


Minggu, 07 September 2014

BARSEL EXPO 2014 SEGERA DILAKSANAKAN

Pemerintah kabupaten Barito Selatan kembali akan menghelat agenda tahunannya "BARSEL EXPO 2014" di Buntok. Gawi tahunan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-55 Kabupaten Barito Selatan.

Barsel Expo 2014 dijadualkan pada tanggal 14 - 21 September 2014 bertempat di Stadion Batuah, Jalan Kompleks Pelajar Buntok. 

Pada even tahun ini Pemerintah kabupaten Barito Selatan sebagai penyelenggara menggandeng Putra Rapi Kreasi sebagai pelaksana pameran dagang ini, didukung oleh Putra Rapi Jaya Production dan  Shophie, kemudian didukung pula oleh media partner TVRI Kalteng, RRI Kalteng, Evella FM, koran Tabengan, Borneo News dan Radar Palangka Raya.
 

Semoga dengan terselenggaranya pameran pembangunan dan perdagangan ini maka perekonomian dan pembangunan kabupaten Barito Selatan bisa lebih maju lagi.

Senin, 01 September 2014

STOK DAN HARGA PRODUK DI GERAI BARSEL PROMO BUNTOK

Sudah enam bulan sejak 20 Februari 2014 Kelompok Usaha Bersama "Barsel Promo" Buntok membuat dan memasarkan produk oleh-oleh khas daerah Kalimantan Tengah. Cukup banyak pengalaman yang diperoleh dari dinamika proses produksi dan pemasarannya. Yang jelas semua itu semakin membuat pengalaman kami bertambah. 


Produk yang tersedia saat ini adalah keripik dan stik Lambiding (kelakai), keripik dan stik Paku, stik Nanas, stik Sayuran, stik Lancar Kujang (akar keladi) dan memperkenalkan produk baru stik Iwak Benangin. 


Masih tersedia buku-buku lokal asli buatan Buntok sebanyak lima judul, yaitu dua buah sejarah Kalteng "Nan Sarunai Usak Jawa " (Negara Dayak Dihancurkan Bangsa Jawa) dan "Gigir Gampar Barito Raya", satu judul wayang Buntok "Punakawan dalam Satire Dayak Besar", satu legenda Barito Timur "Liang Saragi, Semuanya karena Cinta" dan terakhir "Seks Bebas, Porno-aksi dan Ulama Birahi".


Daftar harga per 1 September 2014 untuk keripik tetap Rp. 15 ribu per bungkus dan stik Rp 10 ribu, kecuali yang kemasan ekonomis seharga Rp 6 ribu. Sedangkan harga buku adalah antara Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu per eksemplar.
Produk tersebut dapat diperoleh pada alamat dan nomor kontak yang tertera di atas. Sekian dan terima kasih.