Sabtu, 30 Agustus 2014

STIK IWAK BENANGIN


Kreasi jajanan kampung terbaru yang dipersembahkan oleh tukang keripik Syamsuddin Rudiannoor adalah Stik Iwak Benangin. Stik ini merupakan produk paling hanyar untuk variasi oleh-oleh khas Kalimantan Tengah khususnya kabupaten Barito Selatan.

Iwak benangin yang dipakai merupakan hasil tangkapan dari alam yakni dari sungai Barito dan perairannya. Ikan ini mirip ikan seluang namun agak lebih besar dan dagingnya lebih lembut. 

Karena ketersediaan ikan ini relatif tanpa musim, harganya murah, rasanya gurih dan senantiasa ada di pasar ikan "Beringin" Buntok maka  dicobalah menganeka-ragamkannya kedalam olahan penganan ringan khas daaerah.
Sekali dicoba ternyata langsung bagus. Alhamdulillah.., inilah nasib tukang keripik yang lagi beruntung. 
Semoga saja olahan terakhir ini bisa diterima oleh masyarakat Barito Selatan dan Kalimantan Tengah pada umumnya dan tidak membikin malu tatkala disebut sebagai oleh-oleh khas daerah.

Bagi yang berminat dapat menghubungi kami pada alamat dan kontak tersebut diatas, terima kasih.

Rabu, 27 Agustus 2014

OLEH-OLEH BARSEL SEGERA TERSEDIA LAGI

Sebagaimana posting kami pada hari Senin tanggal 14 Agustus 2014 dengan judul "Keripik dan Stik Lagi Kosong, Buku-buku masih Tersedia" maka saya Syamsuddin Rudiannoor atas nama Barsel Promo saat ini sedang memproduksi kembali aneka keripik dan stik. Dengan demikian insya Allah mulai hari Senin tanggal 1 September 2014 produk oleh-oleh khas Kabupaten Barito Selatan tersebut bisa diperoleh lagi di gerai kami. 

Kami kembali minta maaf atas kekosongan ini mengingat beberapa calon pembeli yang datang dan pemesanan melalui panggilan telepon harus kecewa dan pulang dengan tangan hampa. Toko kami "SIMPANG" dan Barsel Promo insya Allah segera memasarkan produk oleh-oleh tersebut.
 Sekian, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas kekurangan kami.

Senin, 04 Agustus 2014

KERIPIK DAN STIK LAGI KOSONG, BUKU-BUKU MASIH TERSEDIA

Saya Syamsuddin Rudiannoor atas nama Barsel Promo selama bulan Juli 2014 atau selama bulan ramadhan 1435 Hijriyah tidak memproduksi aneka keripik dan stik. Dengan demikian maka stok di gerai kami saat ini kosong. Oleh karena itu saya mohon maaf.

Kekosongan ini terjadi sampai akhir Agustus 2014 dan Insya Allah berproduksi lagi pada awal September 2014. 


Toko kami "SIMPANG" dan Barsel Promo masih  memasarkan buku-buku lokal mengingat stok yang masih tersedia.

 Sekian, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Sabtu, 02 Agustus 2014

BUKU NAN SARUNAI USAK JAWA



I
            Buku Daerah Kalteng

No
Judul
Topik Bahasan
Harga buku
1
Sejarah “Nan Sarunai Usak Jawa”
Runtuhnya negara Nan Sarunai oleh agresi Majapahit
Rp. 30.000,-



NAN SARUNAI USAK JAWA (Negara Dayak Dihancurkan   Bangsa Jawa)  (1280 – 1700)
Penulis : Syamsuddin Rudiannoor
Katagori : Sejarah Daerah Kalimantan Selatan dan Tengah 
Penerbit : Barito Raya Pro Buntok bekerjasama dengan penerbit WR Yogyakarta
Jumlah halaman:    89 halaman
Harga Jual : Rp. 30.000,-
Kualitas cetak: Offset diatas kertas HVS 70 gram
Tahun Penerbitan: Cetakan I Juli 2013
Lokasi Pemasaran: Barsel Promo, Jalan Panglima Batur Nomor 7 Buntok
Kontak telepon/sms: 0813 4960 6504

Buku sederhana ini merupakan sejarah lokal yang ditulis oleh Syamsuddin Rudiannoor dengan proses pengumpulan bahan sejak tahun 1995 sampai 2002.

Bagian Pertama buku ini telah dimuat oleh surat kabar Palangka Raya “Media Kalteng” dalam edisi antara tanggal 27 Juni  sampai dengan 4 Agustus 2002.

Nan Sarunai Usak Jawa merupakan proses panjang keberjalanan sejarah masa lalu suku Dayak Maanyan yang dimulai sejak domisili mereka yang paling awal di Murung (Ujung Murung) Banjarmasin sekitar tahun 1200.

Setelah Banjarmasin ditinggalkan diteruskan ke Kayu Tinggi (Kayu Tangi) di sekitar Banjarbaru-Martapura, sampai akhirnya jejak berhenti sebentar di Kedaton Tane Ngamang Talam di sekitar Candi Agung (Tumpuk Uhang) di kota Amuntai.