Senin, 16 Juni 2014

Jokowi Janji Tak Bakal Hapus Subsidi BBM

Senin, 16 Juni 2014, 20:02 WIB
Rakhmawaty La'lang/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo berjanji tak akan menghapus subsidi BBM. Hal tersebut dia sampaikan usai  menerima dukungan dari seratusan tukang ojek yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Ojek Indonesia (IPOI) di Jalan Borobudur 18, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/6).

Koordinator IPOI Halis Rumkel mengatakan, para tukang ojek yang mendukung Jokowi berharap agar capres nomor urut dua tersebut tidak mencabut subsidi BBM. Mereka juga berharap agar Jokowi memperjuangkan ojek sebagai sarana transportasi alternatif.

"Keinginan untuk subsidi BBM saya kira tidak ada masalah. Subsidi bagi rakyat kecil adalah sebuah keharusan," ujar Jokowi menanggapi permintaan para tukang ojek.

Di kesempatan berbeda, usai bertemu dengan politisi senior Partai Golkar Ginandjar Kartasasmita, Jokowi kembali menegaskan bahwa ia tak akan mencabut subsidi BBM. Namun, yang ingin digarisbawahi oleh Jokowi adalah, subsidi itu hanya untuk rakyat kecil.

"Subsidi itu diberikan kepada yang tepat sasaran, yang menikmati yang kecil-kecil tadi (tukang ojek)," kata Gubernur DKI Jakarta nonaktif tersebut.  

Tak hanya BBM, Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintahannya nanti akan memberikan subsidi pada hal-hal pokok yang dibutuhkan rakyat kecil, seperti sembako, pupuk, pestisida, dan solar bagi nelayan.
Redaktur:Yudha Manggala P Putra
Reporter:Halimatus Sadiyah

Sabtu, 14 Juni 2014

KERIPIK SASUPAN, KERIPIK PUTRI MALU



Kembali Barsel Promo memasarkan keripik putri malu. Keripik yang dimaksud adalah keripik yang bahannya berasal dari tumbuhan air yang di daerah ini disebut sasupan banyu atau sasupan danum alias putri malu air. 

Tumbuhan ini sama sifatnya dengan putri malu pohon, hanya saja yang berbeda adalah tempat tumbuh dan bentuk batangnya saja.

KERIPIK SASUPAN DANUM
Dalam bahasan daerah di Kalimantan secara umum putri malu disebut sasupan yang arti juga sama yakni pemalu. Dengan demikian tumbuhan perdu jenis ini memang memiliki kemiripan penyebutan namanya yang relatif sama sehingga mudah dikenali dimana-mana.

Keistimewaan dalam khazanah putri malu di Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah terutama di Kabupaten Barito Selatan, ada putri malu yang biasa dijadikan sayuran. Ciri daun, bunga dan sifat pemalunya sama dengan perdu mimosa pudica namun tumbuhnya di air dan hidup merayap seperti kangkung. Tumbuhan inilah yang dikenal dengan Sasupan danum atau sasupan banyu atau putri malu air. 

Sejak lama tumbuhan ini dijadikan sayur dan dimasak dengan nama masakan "Gangan Karuh"  (Bahasan Banjar)  atau "Juhu Keruh"  (Dayak Bakumpai/Ngaju Kapuas). 

Sasupan danum inilah yang dijadikan Keripik oleh juru masak Barito Raya Pro Buntok. Bahan dasar putri malu diperoleh dari danau Keladan di dalam kota Buntok. Pada musim hujan ini pertumbuhannya sangatlah subur sehingga bahan baku keripik menjadi lebih melimpah di pasar Terowongan Buntok.



Jumat, 13 Juni 2014

KERIPIK USUS AYAM



Barsel Promo memasarkan satu lagi keripik sebagai produk terbaru yaitu keripik usus ayam. Keripik ini baru dibuat kemarin Kamis tanggal 12 Juni 2014 dan mulai dipasarkan hari ini Jum'at tanggal 13 Juni 2014 di Gerai Barsel Promo, Jalan Panglima Batur nomor 7, Karang Paci Ujung atau samping kantor Kejaksaan Negeri Buntok.

.

Keripik dijual seharga Rp. 20 ribu per bungkus, dikemas dalam paking alumunium foil dan dimaksudkan sebagai produk oleh-oleh khas Kabupaten Barito Selatan. Keripik ini diproduksi oleh Barito Raya Pro Buntok, nomor kontak 081349606504.
.


Semoga perkenalan ini bermanfaat adanya. Sekian dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
.